Skip to content

Empat Mitos Salah Dalam Merenovasi Rumah

September 6, 2012

KOMPAS.com – Jika Anda berkeinginan menjual rumah Anda, melakukan renovasi rumah sebelum dilihat langsung oleh calon pembeli sudah masuk dalam pertimbangan Anda. Siapa tahu, dengan melakukan renovasi, Anda bisa memberikan “nilai lebih” pada rumah Anda dan dapat menawarkannya dengan harga lebih tinggi.

Rencana untuk merenovasi rumah seolah-olah menjadi janji manis untuk mendapatkan rumah yang lebih cantik dan lebih nyaman. Sayangnya, renovasi rumah bukan sekadar touch up. Pikirkan baik-baik, karena salah-salah, Anda justru menjauhkan calon pembeli dari rumah Anda. Berikut beberapa mitos salah yang seringkali hadir dalam benak pemilik rumah:

Remodel macam apapun hasilnya akan bagus

Sayangnya, selera setiap orang akan berbeda. Misalnya, Anda mengira dengan menambahkan balkon, orang-orang yang melihat rumah Anda akan segera menyukainya. Padahal, kondisi rumah dan lingkungan rumah tidak mendukung adanya balkon tersebut.

Anda merasa dapat melakukannya sendiri

Nyatanya, tidak selalu begitu. Mungkin, Anda telah menimbang-nimbang kemungkinan untuk melakukan renovasi tanpa bantuan ahli atau kontraktor.

Sayangnya, Anda belum tentu bisa. Melakukan renovasi sendiri mungkin akan mengurangi biaya pada awal proses. Jika melakukan kesalahan, akan lebih banyak lagi biaya Anda keluarkan. Ada baiknya, Anda meminta bantuan profesional untuk proyek-proyek besar dalam merenovasi rumah Anda.

Kolam renang akan menguntungkan

Banyak orang berpendapat, bahwa memiliki kolam renang adalah “tiket” untuk menjual rumah dengan mudah. Sayangnya, ini tidak selalu terjadi.

Lokasi sangat menentukan pandangan ini. Jika setiap hari udara di sekitar rumah tersebut cukup panas, mungkin saja hal ini berlaku. Di tempat yang dingin, tentu berbeda lagi. Lagipula, memiliki kolam renang berarti rumah tersebut membutuhkan perawatan ekstra. Belum tentu calon pembeli Anda siap dengan konsekuensi tersebut.

Ikuti tren desain terbaru

Mencari inspirasi renovasi, tentunya Anda akan mencari tahu apa yang sedang digemari di antara masyarakat. Sayangnya, mengetahui apa yang sedang in belum tentu relevan dengan rumah Anda. Lebih baik Anda memilih hal-hal yang lebih abadi dan netral.

From → Tips Rumah

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: