Skip to content

Ingat…Renovasi Tak Perlu Anda Kerjakan Sendiri!

September 6, 2012

KOMPAS.com – Dari waktu ke waktu, rumah Anda akan membutuhkan perbaikan dan perhatian khusus. Tak jarang, Anda pun punya ide-ide baru untuk meningkatkan kualitas rumah Anda.

Mungkin, bagi Anda, perbaikan-perbaikan yang perlu Anda lakukan itu akan lebih efisien dan murah jika dikerjakan sendiri. Sayangnya, ada hal-hal lebih penting dari sekedar perbaikan yang lebih murah. Namun, perlu dipertimbangkan beberapa “proyek” di rumah yang sebaiknya tidak Anda kerjakan sendiri:

Memperbaiki genteng

Sebaiknya, Anda jangan mencoba-coba memperbaiki genteng sendiri. Bukan menganggap Anda tidak mampu, tetapi gegabah sedikit saja akan dapat mencelakai diri Anda. Mencoba memperbaiki genteng tanpa memiliki pengalaman dan keterampilan yang diperlukan kemungkinan malah akan merusaknya, bahkan bisa lebih parah dari kerusakan sebelumnya. Pada akhirnya, akan lebih banyak lagi biaya harus Anda keluarkan.

Mengganti jendela

Memasang jendela yang baru adalah cara yang baik menghemat energi dan mengurangi penggunaan listrik di rumah. Namun, memasang jendela baru tidak semudah merencanakannya.

Ada beberapa hal sebaiknya Anda serahkan kepada ahlinya, terutama dalam pemasangan jendela ini. Pasalnya, Anda akan berhadapan dengan alumunium, pengelupasan cat eksterior, dan elemen-elemen lain yang membutuhkan tenaga ahli. Mengganti jendela saja sudah cukup mahal. Jika tidak dipasang dengan baik, tentu biaya akan membengkak.

Mengecat outdoor

Berbeda dengan mengecat bagian dalam rumah Anda, mengecat bagian luar rumah akan lebih rumit dan memerlukan lebih banyak persiapan. Jika bersikeras melakukannya sendiri, Anda akan kehilangan banyak waktu.

Selain itu, jika ingin mengecat kembali rumah antik milik Anda yang sudah puluhan tahun berdiri dan belum pernah dicat ulang, Anda sebaiknya meminta bantuan profesional. Cat dasar yang digunakan puluhan tahun yang lalu dapat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Memasang pendingin udara

Selain pendingin udara, sistem ventilasi di rumah Anda juga sebaiknya dipasang oleh seorang profesional. Udara adalah kebutuhan utama bagi keluarga Anda. Salah dalam pemasangannya, sirkulasi dan kualitas udara yang buruk akan berakibat langsung pada kesehatan Anda dan keluarga.

Merubah struktur

Selain tumpukan batu bata, hal yang harus diingat adalah dinding rumah Anda juga berisi rangkaian kabel listrik. Daripada menebak-nebak dinding yang dapat Anda “karyakan” dan yang tidak, sebaiknya Anda memperkerjakan orang yang sudah biasa menangani hal semacam ini.

Memperbaiki saluran air hujan

Pemasangan saluran air hujan akan memberikan keuntungan besar bagi rumah Anda. Namun, perlu diingat, bahwa kesulitan memperbaiki saluran ini cukup besar. Apalagi, selalu ada kemungkinan Anda akan merusak genteng rumah Anda sendiri.

Membuat basement tahan air

Bocoran-bocoran kecil yang terjadi pada basement rumah Anda tentu dapat diselesaikan sendiri dengan memanfaatkan cat antiair. Sayangnya, setelah hujan besar sebanyak satu atau dua kali, efek dari cat antiair ini akan memudar.

Untuk solusi permanen, sebaiknya Anda tidak melakukannya sendiri. Minta ahlinya untuk mengecek fondasi rumah Anda dan manajemen air yang lebih baik.

Menebang pohon besar

Persoalan menebang pohon tampaknya mudah, namun sebetulnya berbahaya. Ketika menebang pohon, Anda juga harus memperkirakan banyak hal. Ke mana pohon akan tumbang, bagaimana menangani sisa tebangan pohon, dan kemungkinan akar pohon masuk ke dalam struktur rumah Anda dan akan menambah kerumitan dari “sekedar” menebang pohon.

Nah, bisa Anda pertimbangkan?

From → Tips Rumah

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: