Skip to content

Menghilangkan Stiker pada Perabotan Bekas

September 6, 2012

KOMPAS.com – Jika ingin menggunakan kembali perabotan masa kecil Anda, atau mempercantik barang-barang second hand hasil berburu di pasar loak, kemungkinan besar Anda akan menemukan stiker menempel di beberapa bagian perabot tersebut. Butuh waktu cukup lama untuk menghilangkan bekas stiker. Jika cukup beruntung, Anda memang tidak akan mendapatkan sisa-sisa stiker mengganggu ini.

Sebenarnya, untuk mengubah dekorasi di rumah saat ini memang tidak harus membeli perabotan baru. Tetaplah pada kebiasaan Anda membeli barang antik, terutama jika hobi mengoleksi itu sudah lama dilakoni.

Ya, Anda hanya memerlukan trik efektif membersihkan kotoran-kotoran pada perabotan tersebut. Berikut beberapa cara bisa Anda lakukan untuk menghilangkan stiker dari perabotan Anda. Adapun cara dan bahan-bahannya mudah ditemukan dan mudah dilakukan:

Cuka

Anda bisa menggunakan cuka untuk menghilangkan bekas sisa stiker pada permukaan kayu. Caranya, basahi kertas tisu atau handuk dengan cuka putih dan letakkan di atas stiker. Biarkan cuka terserap oleh stiker.

Kemudian, dengan perlahan tarik stiker dari permukaan kayu. Jika hal ini masih sulit dilakukan, ulangi langkah pertama. Setelah stiker berhasil dilepaskan, bersihkan permukaan kayu dengan pemoles kayu.

Jangan tergoda menggaruk

Di permukaan kaca, biasanya Anda akan tergoda untuk menggaruk stiker agar tempelan tersebut tidak lagi menempel di permukaan kaca. Langkah ini jelas tidak betul, sebab dipastikan akan merusak permukaan kaca. Lebih baik, Anda memanfaatkan cairan apapun yang berbasis minyak.

Caranya, Anda hanya perlu menutup area yang ditutupi stiker dengan baby oil atau minyak sayur dan membiarkannya seperti itu selama satu malam. Dengan mudah, keesokan harinya Anda sudah dapat melepaskan stiker tersebut.

Cara lainnya, Anda dapat memanfaatkan pembersih kuku. Hati-hati, Anda hanya perlu waktu maksimal setengah jam untuk melepaskan stiker dengan alat ini.

Membersihkan permukaan besi

Untuk permukaan besi, kikislah dengan lembut sebanyak mungkin perekat yang menempel. Gunakan sedikit WD-40 pada kain dan gosokkan sampai Anda dapat dengan mudah melepaskan stiker dari permukaan besi.

Setelah itu, campur beberapa tetes cairan pencuci piring dengan semangkuk air hangat dan bersihkan area yang sebelumnya ditutupi oleh stiker. Bilas permukaan dengan air hangat bersih dan keringkan.

Permukaan plastik

Untuk melepaskan stiker dari permukaan plastik, panaskan area sekitar stiker dengan pengering rambut. Lakukan hal ini sampai Anda dapat menarik salah satu sisi stiker. Sambil menarik stiker dari permukaan plastik, terus panaskan dengan pengering rambut.

Namun, sebaiknya jangan membiarkan temperatur pengering rambut terlalu panas. Jika terlalu panas, permukaan plastik justru akan meleleh. Selanjutnya, cuci permukaan plastik itu dengan cairan pencuci piring dan keringkan memakai kain bersih.

Selamat mencoba!

 

From → Tips Rumah

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: