Skip to content

Tips Memilih Keramik

October 22, 2012

Keramik bisa hadir di banyak tempat di hunian kita, mulai dari di dalam rumah sampai di luar rumah. Tentu saja, untuk kalangan awam menyesuaikan jenis keramik dengan ruangan bisa cukup membingungkan.

Untuk mengatasi kebingungan tersebut, ikutilah panduan yang diberikan salah satu produsen keramik terkemuka berikut ini:

1. Cermati, keramik akan Anda pasang di dinding atau di lantai? Keramik lantai bisa digunakan di dinding; namun jangan sekali-kali memasang keramik dinding untuk lantai!

Mengapa? Sebab keramik untuk dinding tidak sekuat keramik untuk lantai. Keramik untuk lantai mempunyai daya serap air yang lebih rendah, lebih kuat, dan lebih tahan gesekan.

2. Cermati, keramik tersebut akan Anda gunakan di ruangan mana? Berdasarkan ruangan, keramik terbagi dalam beberapa kriteria: keramik eksterior (teras, balkon, garasi, dan lain-lain), keramik interior (ruang keluarga, ruang makan, dan lain-lain), keramik wet area (kamar mandi, ruang cuci, dan lain-lain), dan keramik dry area (dapur, ruang makan, dan ruang tamu).

Keramik untuk eksterior harus kuat dan sekaligus tahan perubahan cuaca. Untuk itu, pilihlah keramik yang tidak mengkilap dan sebaiknya memiliki tekstur.

Adapun kriteria keramik untuk wet area sama saja dengan keramik untuk eksterior.

Untuk interior, sesuaikanlah warna dan motif keramik dengan warna dinding, perabot, dan tema ruangan. Gunakan keramik yang mengkilap sehingga kesan mewah lahir.

3. Cermati warna, motif, dan ukuran keramik. Warna keramik bisa menimbulkan kesan tertentu. Contoh, agar ruang terkesan lapang, gunakan keramik warna muda.

Perihal motif, gunakan satu motif belaka sehingga kesan kesatuan ruangan muncul. Adapun penggunaan lebih dari satu motif di satu ruangan, membuat kesan adanya pembagian di ruangan tersebut.

Lantas, perihal ukuran, lebih baik gunakan keramik ukuran kecil di ruang yang juga kecil. Seirama dengan itu, di ruangan besar, gunakan pula keramik ukuran besar.

Alhasil, ruang kecil terlihat lebih luas walaupun ada kesan penuh. Sementara, ruang besar terlihat simpel.

4. Cermati tingkat kwalitas keramik: KW-1, KW-2, atau KW-3? Bila punya cukup dana, Anda disarankan membeli keramik KW-1 yang memiliki kwalitas paling baik.

Sementara, bila dana tak mencukupi, bisa menggunakan keramik KW-2 yang punya sedikit cacat produksi. Untuk ini, Anda perlu menggunakan jasa tukang yang mahir sehingga keramik tersebut terpasang sempurna.

Selamat memilih keramik.

From → Tips Rumah

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: